Catatan Penting Perang Khaibar

0
207

📚 RINGKASAN KAJIAN REGULER SIRAH NABAWIYAH
Tema: “Catatan Penting Perang Khaibar”

Oleh: https://instagram.com/supraha
————

✒ Perang ini berawal dari usaha Nabi Muhammad ﷺ untuk melemahkan 3 (tiga) kekuatan besar yang memusuhi eksistensi Madinah, yakni: Quraisy Makkah, Yahudi, dan Badui. Masing-masing dengan latar belakang dan tujuan berbeda.

➡ Nabi Muhammad ﷺ ternyata memilih untuk melemahkan kekuatan besar Yahudi di Khaibar pada khususnya, di abad ke-7 H. Tentunya hal ini melihat kekuatan Quraisy sudah melemah, dan kekuatan Badui yang masih bisa dikontrol oleh militer Madinah.

✒ Khaibar sendiri memiliki wilayah yang luas, terdiri atas 8 (delapan) benteng besar dan banyak benteng kecil. Strategi Nabi Muhammad ﷺ adalah memilih Benteng Na’im sebagai target awal pertempuran.

➡ Secara ringkas, wilayah Khaibar dibagi atas 2 (dua) area besar:

🌎 Area I:
Wilayah Nathat:
1⃣ Benteng Na’im | Dipertahankan oleh 1000 tokoh dan pahlawan Yahudi | Amir bin al-Akwa’ wafat oleh Marhab, dan Marhab terpenggal di tangan ‘Ali bin Abi Thālib r.a., sementara Zubair bin Awwam r.a. membunuh Yasir, saudara Marhab | Berlangsung beberapa hari
2⃣ Benteng ash-Sha’b bin Mu’adz | Memiliki stok makanan dan hewan ternak terbanyak, juga manjaniq dan dabbabah| Komandan Muslim: al-Hubab bin al-Mundzir al-Anshary , memimpin pengepungan 3 hari, dilanjutkan dengan do’a Nabi Muhammad ﷺ
3⃣ Benteng Qal’ah az-Zubair | Memiliki cadangan air minum dan mata air | 1 orang korban dari Muslim, dan 10 orang korban dari Yahudi

Wilayah asy-Syiq
4⃣ Benteng Ubay | Pahlawan Muslim berikat kepala merah: Abu Dujanah Simak bin Kharasyah r.a. karena memimpin serangan ke dalam benteng
5⃣ Benteng an-Nizar | Diisi oleh banyak wanita dan anak-anak, karena dianggap benteng paling kokoh | Sangat tinggi posisinya sehingga Nabi Muhammad ﷺ menggunakan strategi menggunakan manjaniq.

🌎 Area II
Wilayah al-Katibah | Pengepungan 14 hari dan Yahudi menyerah
1⃣ Benteng al-Qamush, Abul Huqaiq | Menyerah dan perjanjian damai
2⃣ Benteng al-Wathih
3⃣ Benteng as-Salalim

➡ Anak Abil Huqaiq: Kinanah bin ar-Rabi’ menyembunyikan harta Bani Nadhir, menentang perjanjian, maka diinterogasi akhir oleh az-Zubair dan dieksekusi oleh Muhammad bin Maslamah.

➡ Tanah Khaibar sebagai rampasan perang dibagi 3600 bagian, sebagian untuk Nabi Muhammad ﷺ dan kaum muslimin, dan sebagian lagi untuk wakil dan urusan umum kaum muslimin. Yahudi bekerja untuk pertanian kaum muslimin.

✒ Ja’far bin Abu Thālib r.a. datang bersama Asy’ariyyin seperti Abu Musa r.a., dan mendapatkan bagian ghanimah.

✒ Shafiyah binti Huyai, puteri pemimpin Quraizhah dan Bani Nadhir, yang baru menikah dengan Kinanah, ditawan, dan tidak jadi dinikahi Dihyah bin Khalifah al-Kalbi, dinikahi Nabi Muhammad ﷺ dengan mas kawin pembebasan dirinya. Ia dirias oleh Ummu Sulaim sebelum melewati malam pertama dalam perjalanan ke Madinah. Wajahnya terlihat ada bekas-bekas biru bekas tempeleng Kinanah.

✒ Zainab binti al-Harits, isteri Sallam bin Misykam menyodorkan paha kambing kepada Nabi Muhammad ﷺ yang kemudian mencicipi sedikit namun kemudian memuntahkannya. Wanita ini dibunuh kemudian sebagai qishash akan kematian Bisyr bin al-Barra’ bin Ma’rur r.a. yang telah memakan daging itu.

✒ Perbandingan korban perang Khaibar keseluruhan adalah 23 orang Muslim dan 73 orang Yahudi.

✒ Abu Hurairah r.a. masuk Islam saat Nabi Muhammad ﷺ dan pasukan sudah berangkat ke Khaibar, dan beliau menyusul turut berjihad

📍 Yahudi di Fadak memberikan separuh hasil buminya untuk Nabi Muhammad ﷺ setelah delegasi yang dikirim Nabi bernama Muhayyishah bin Mas’ud r.a.

📍 Yahudi di Wadil Qura diseru namun malah menyerang dengan anak panah yang membunuh salah satu pembantu Rasūlullāh yang ternyata mencuri mantel dari ghanimah Khaibar. Terjadi pertempuran selama 4 hari dengan kekalahan Yahudi.

📍 Yahudi di Taima’ membayar jizyah.

✒ Dalam perjalanan pulang akhir Shafar atau Rabiul Awwal 7H Nabi Muhammad ﷺ dan pasukan ditidurkan hingga shalat Shubuh saat mentati mulai meninggi, dan Nabi segera memerintahkan Bilāl r.a. untuk adzan

✒ Satuan perang Aban bin Sa’d dibuat untuk menjaga Madinah dari Badui, dengan ekspedisi ke Nejd.

https://t.me/supraha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here