Menikmati Keberkahan Makan Sahur

0
256

Oleh : Wido Supraha, M.Si.

sahurBulan Ramadhan benar-benar diliputi limpahan rahmat dan ampunan dari Allah Swt. Begitu banyak keberkahan yang dapat kita rasakan selama menjalaninya. Keberkahan yang jarang ditemukan kecuali di bulan suci ini. Keberkahan yang perlu disyukuri keberadaannya, di antaranya adalah keberkahan di dalam aktifitas makan sahur.

Makan sahur sangat dianjurkan, dan mengakhirkan sahur adalah yang utama. Di dalam makan sahur terdapat keberkahan yang banyak. Meski hanya sempat meneguk segelas air karena waktu sahur hampir habis, tetap harus dilakukan, karena di dalam minuman tersebut terdapat keberkahan sahur dan shalat Allah Swt dan para malaikat-Nya. Nabi Saw. bersabda, “Makan Sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari)

Tentunya keberkahan yang dimaksud Nabi Saw. boleh jadi bukan hanya terletak pada makanan dan minuman yang membuat kuat menjalani ibadah puasa satu hari penuh, dan membedakan dengan kebiasaan ahli kitab. Bukankah waktu sahur adalah waktu yang mulia, waktu mustajabnya do’a, yakni sepertiga akhir malam. Mereka yang jarang berkesempatan makan bersama keluarga tercintanya, kali ini dapat merasakannya dalam nuansa keheningan malam yang khusyuk dan syahdu. Kehangatan keluarga pun tercipta dengannya. Kehangatan yang berlanjut dengan kesempatan melakukan shalat tahajjud bersama, sesuatu yang mungkin amat jarang dilakukan selama ini. Bersujud dan memohon rahmat dan ampunannya karena bersyukur atas nikmatNya yang banyak.

Di bulan ini, masjid terlihat begitu makmurnya karena jama’ahnya yang telah terkondisikan sejak sahur dengan begitu ringan melangkahkan kakinya untuk berjama’ah Subuh. Inilah kondisi ideal kehidupan keluarga Muslim yang harus kita lestarikan. Kalau bukan kita yang memakmurkan Masjid, siapa lagi?

Keberkahan sahur bisa hilang manakala kita melakukan makan sahur di malam hari sebelum tidur malam, dan kemudian kesiangan shalat Subuh di Masjid, melewatkan kesempatan qiyamullail dan berdo’a di penghujung malam. Jangan lewatkan kesempatan makan sahur pada waktu sepertiga akhir malam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here