Menghidupkan Rumah dengan Ibadah

0
236

Nuansa Islam pada dinding Interior RumahBersyukurlah yang telah dikaruniai Allah dengan sebuah rumah idaman yang berdiri di lingkungan yang baik. “Tetangga sebelum Rumah” menjadi semboyan kaum muslimin yang sangat baik untuk diamalkan. Namun begitu, bisakah kita menjadikan rumah sebagai sarana untuk ibadah? Mampukah kita menghidupkan rumah dengan ragam aktivitas keshalihan?

Di dalam Al-Maushu’ah al-Fiqhiyyah,

Screen Shot 2015-01-10 at 7.25.01 PM

“Acara makan-makan untuk rumah baru itu dianjurkan sebagaimana walimah (acara makan-makan) lainnya (seperti pada pernikahan) yang di mana walimahan tersebut dilakukan untuk berbagi kebahagiaan atau menghilangkan suatu bahaya (rasa tidak senang dari lainnya).” (Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah, 8/207)

 

Screen Shot 2015-01-10 at 7.28.53 PM

Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari suatu rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah” (HR. Muslim no. 780)

Screen Shot 2015-01-10 at 7.22.35 PM

Jika engkau keluar dari rumahmu, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang dengan ini akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah.” (HR. Al Bazzar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here