Soal 10: Makna عاملة ناصبة ?

0
166

Screen Shot 2016-01-23 at 12.46.54 PMPertanyaan: Apakah makna (عاملة ناصبة) dalam Surat Al-Ghashiyah ayat 3 adalah beramal di dunia yang tidak sesuai tuntunan, sehingga dimasukkan ke Neraka?

Jawaban:

Assalamu ‘alaikum warahmatullah,

Setiap ayat dengan ayat lainnya di dalam Al-Qur’an Al-Karim memiliki kesatuan makna, dan inilah bagian dari The Unity of Qur’an. Surat Al-Ghasiyah langsung diawali dengan penjelasan tentang apa yang terjadi saat Al-Ghasyiyah, yakni saat hai Kiamat, Hari Pembalasan, saat api menutupi wajah orang-orang kafir, atau saat adanya sesuatu yang menutupi. Ketika saat itu hadir, banyak wajah yang tunduk terhina. Barulah kemudian Allah Swt seakan menjelaskan bahwa pada saat itu kondisi mereka dengan wajah tertunduk terhina itu,  عاملة ناصبة.

Di dalam tafsirnya, terkait makna ‘ عاملة ناصبة’, Ibn Jarir ath-Thabari mengutip banyak pendapat Tabi’in, diantaranya seorang tabi’in dari Kufah, Qatadah. Beliau menafsirkan bahwa maksud ‘عاملة’ adalah bekerja keras di neraka, sementara makna ‘ناصبة’ adalah kondisi kepayahan di dalam neraka. Hal ini kemudian diperkuat oleh banyak riwayat yang menjadi pegangan para ahli tafsir bahwa kondisi itu adalah kondisi di neraka. Tentunya, masuknya seseorang ke neraka disebabkan diantaranya adalah  karena semasa di dunia boleh jadi ia tidak beramal untuk Allah, atau berlaku sombong, atau sejenisnya.

Imam Ibn Katsir mengutip pendapat sahabat Nabi Saw, Ibnu ‘Abbas r.a., bahwa maksud ‘ عاملة ناصبة’ adalah orang-orang Nasrani. Beliau juga mengutip pendapat seorang Tabi’in dari Makkah, Ikrimah, begitu pula seorang Tabi’in dari Kufah, As-Suddi, bahwa kondisi kepayahan di Neraka itu disebabkan ia bekerja keras di dunia dengan berbagai macam kemaksiatan yang dikerjakannya.

Begitu pula dengan Imam Jalalain, kalimat ‘ عاملة ناصبة’ ditafsirkan sebagai kondisi kepenatan dan kelelahan karena belenggu dan rantai-rantai.

Semoga kita sentiasa semakin rajin dan bersemangat dalam beramal yang diridhoi-Nya, dan menjaga amal-amal tersebut agar sentiasa lestari dan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita, tanpa terkurangi sedikitpun dengan amal-amal keburukan yang tanpa sengaja kita lakukan. Amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here