Soal 11: Mengikuti Imam Madzahib?

0
222

madzhabPertanyaan: Apakah yang dimaksud bermazhab itu, dan bagaimana praktiknya?

Jawaban

Assalamu ‘alaikum warahmatullah,

Secara terminologi, bermadzhab bermakna mengenakan madzhab. Dalam terminologi studi Islam bermakna memilih struktur berpikir sebuah madzhab yang dibangun di atas dasar pemahaman mereka akan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Secara terma pemikiran, jika ada manusia yang memilih tidak bermadzhab, maka sesungguhnya ia pun sedang bermadzhab, yakni madzhab tidak bermadzhab. Praktiknya adalah mengikuti struktur pemikiran dan keilmuan seorang ulama madzhab dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Dalam menuntut agama Islam, dibutuhkan Metodologi Studi yang komprehensif, dan para Imam Madzahib telah mewariskan metodologi tersebut kepada kita. Metodologi itu lahir dari penghayatan mereka yang mendalam terhada Al-Qur’an dan As-Sunnah, sehingga mengikuti Imam Madzhab berarti mengikuti Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Umat Islam sungguh beruntung telah mendapatkan alat dan bantuan yang komprehensif dari para imam Madzahib dalam memahami Islam yang sempurna, tidak parsial. Bersama struktur pemikiran para Imam Madzhab, yang tentunya Imam Ahlus Sunnah, umat akan memiliki pola pemikiran yang sistematis dalam menjawab seluruh persoalan yang dihadapinya dalam kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here