Sekolah Pemikiran Islam ITJ Bahas Islamic Worldview

0
192
5KABARUMAT.com – Islamic worldview menjadi tema perkuliahan kedua Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL pada hari Kamis, 13 Maret 2015, yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Kuliah yang digelar di Aula INSISTS di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan ini, kembali dihadiri oleh pesertanya yang berjumlah lebih dari 40 orang.

Wido Supraha, salah seorang peneliti INSISTS yang memberikan kuliah, menjelaskan pengertian Islamic Worldview sebagai cara pandang Islam yang unik terhadap segala wujud yang dihadapi manusia dalam kehidupannya. “Pandangan hidup atau worldview ini dibangun atas konsep-konsep dasar yang bersumber dari wahyu Allah SWT,” ujar Wido.

Wido juga menjelaskan bahwa Islamic Worldview senantiasa mengalami beberapa tantangan yang sangat berbahaya. “Tantangan-tantangan ini antara lain kerusakan pengetahuan atau corruption of knowledge, deislamization, hilangnya adab, dan confusion,” terangnya. Karena itu, Wido berharap agar para peserta SPI dapat terus menimba ilmu bahkan hingga bergelar doktor agar dapat membantah para profesor yang merusak worldview umat secara profesional.

Tanggapan positif juga datang dari peserta perkuliahan pekan ini. “Pemaparan materi dari ustadz Wido telah membuka mata saya bahwa sebagai Muslim seharusnya kita tahu landasan kita dalam memandang agama kita sendiri, yaitu Al-Qur’an atau wahyu, jangan seperti kebanyakan orang Barat yang bebas sekehendak mereka memandang agama,” pungkas Irfan, salah satu aktivis ITJ Bogor yang juga menjadi peserta SPI.

Sumber: http://www.kabarumat.com/2015/03/1752/sekolah-pemikiran-islam-itj-bahas-islamic-worldview/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here