Belanda, Negeri Kompeni

0
195

belandaEntah mengapa negeri ini dipanggil ‘Belanda’, sementara di dunia Internasional yang formal adalah ‘The Netherland’, Dutch, atau Holland. Apapun namanya, alhamdulillah, saya berkesempatan untuk dapat menjejakkan kaki di atas negeri yang pernah menjajah Indonesia sekian lamanya. Kalau difikir-fikir, cukup jauh juga Belanda menjajah Indonesia. Naik pesawat saja sudah menghabiskan waktu 15 jam 30 menit efektif, bagaimana jika menggunakan kapal laut.

Menggunakan Emirate Airlines EK359, perjalanan kami mulai pada hari Senin, 07 November 2011, pukul 00.15 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta Terminal 2 dengan tujuan Dubai. Ritual di Emirate Airlines seperti biasa adalah pembukaan dengan lap muka hangat, dilanjutkan dengan pembagian menu awal dan menu akhir. Bagi yang membawa anak, akan ditawarkan hadiah boneka dan foto gratis langsung jadi berikut bingkainya. Setelah menempuh 6670 km perjalanan yang dilalui selama 08 jam 15 menit, kami pun tiba di Bandara Dubai tepat pukul 05.30 waktu setempat. Perlu diperhatikan, bahwa di Dubai, kita tidak bebas mengabadikan foto-foto tampak pesawat di area outdoor airport, karena akan segera dipanggil petugas jaga yang akan meminta menghapus semua foto terkait.

Di Bandara Dubai, kami segera mencari Praying Room guna menunaikan waktu shalat Subuh yang seyogianya sudah masuk sejak pukul 05.10 waktu setempat. Setelah menunggu selama 3 (tiga) jam, dengan ngopi-ngopi dan melihat-lihat ‘pasar’ di Bandara tersebut, kami pun kembali naik ke Emirat Airline EK147 untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Schipol Amsterdam, dengan waktu tempuh 7 jam 15 menit, menempuh 5444 km. Di pesawat Emirate ini, kembali ritual diulangi, sembari kita dapat memilih beragam tontonan terutama film-film terbaru Hollywood, atau bisa juga melihat video kamera tampak depan atau tampak bawah penglihatan pesawat.

Tiba di Schipol, langsung terasa hawa dingin yang menusuk. Hal ini karena di bulan November seyogyanya Belanda sudah memasuki musim dingin dan bersalju,  namun sepertinya kali ini agak terlambat datangnya, sehingga cuaca berada pada fase transisi, antara panas ke dingin, bermain di sekitar 50 Fahrenheit. Pada kesempatan ini kami langsung menuju salah satu Hotel yang terdekat dengan Schipol Airport, yakni Novotel yang tepat berada di Kota Amsterdam, 10 menit dari bandara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here